Keluarga

10 Tanaman Hias yang Dapat Ditanam dari Produk Supermarket, Cocok Bagi Pemula

10 Tanaman Hias yang Dapat Ditanam dari Produk Supermarket, Cocok Bagi Pemula

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda beberapa produk supermarket dan toko kelontong bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias? Ya, ada beberapa tanaman hias yang dapat ditanam dari produk supermarket dan toko kelontong.

Tanaman hias ini dapat Anda tanam dan rawat dengan mudah di rumah. Tanaman hias yang dapat ditanam dari produk supermarket ini cocok bagi Anda yang ingin memulai bercocok tanam. 

Untuk itu, Anda perlu menyimak tanaman hias yang dapat ditanam dari produk supermarket dan toko kelontong. 

Baca Juga: Tanaman Hias Dalam Rumah yang Cocok Jadi Dekorasi, Simak Daftarnya

1. Alpukat 

Alpukat

Setelah menikmati buah yang kental, bersihkan bijinya dan gunakan tusuk gigi untuk menggantungnya di atas gelas berisi air. Simpan di dekat jendela dapur yang cerah dan bersabarlah. 

Ingatlah bahwa biji alpukat membutuhkan waktu sekitar 2-6 minggu untuk bertunas. Ganti air secara teratur dan pastikan mendapat sinar matahari yang cukup.

2. Nanas

Nanas tidak hanya menjadi suguhan tropis yang lezat tetapi juga dapat diubah menjadi tanaman hias yang unik.

Tanam mahkota dalam pot berisi tanah setelah berakar di air untuk menambah daya tarik. Namun, pastikan untuk membuang semua daging buah dari mahkotanya untuk mencegah pembusukan. 

Saat melakukan rooting di air, gantilah setiap beberapa hari agar tetap segar.

3. Lemon

Jangan membuang benih itu! Pohon lemon menjadi teman dalam ruangan yang cerah dan beraroma jeruk. Tanam benih di dalam pot tanah dan temukan tepian yang cerah. Dengan perawatan yang tepat, Anda akan menikmati pemandangan dan aromanya.

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Musim Kemarau yang Cocok Dirawat Pemula

4. Rumput Gandum

Anda dapat dengan mudah menanam rumput gandum di dalam ruangan menggunakan buah gandum utuh yang dibeli di toko bahan makanan. Rumput gandum tidak membutuhkan tanah yang dalam untuk tumbuh, jadi nampan yang dangkal bisa digunakan dengan baik.

Pastikan tanah tetap lembab, dan Anda akan mendapatkan rumput gandum segar untuk dipanen dalam waktu sekitar 10 hari. Gunting apa yang Anda butuhkan, dan itu akan terus bertambah.

Tanaman ini tumbuh subur di area yang cukup terang tetapi jauh dari sinar matahari langsung, menjadikannya tambahan yang sempurna untuk ruang makan yang terang atau sudut dapur yang cerah.

5. Rosemary

Jika Anda membeli seikat rosemary dari toko kelontong, Anda dapat memperbanyak dan menikmatinya tanpa harus bepergian lagi.

Akar setangkai dalam air lalu pindahkan ke pot dengan tanah yang memiliki drainase yang baik. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Meningkatkan Produktivitas, Cocok untuk Kantor

Ini paling menyenangkan di ambang jendela yang cerah di mana ia bisa mendapatkan sinar matahari setidaknya enam jam sehari.

6. Lavender

Menanam lavender dari potongan yang dibeli di toko itu mudah dan bermanfaat. Siapkan saja wadah dengan tanah yang memiliki drainase yang baik dan tanam stek yang dibeli di toko di dalamnya. 

Ramuan favorit ini lebih menyukai banyak sinar matahari, jadi jendela yang menghadap ke selatan sangat ideal. Lavender tidak suka terlalu basah, jadi sangat penting untuk membiarkan tanah mengering di sela-sela penyiraman.

7. Lidah Buaya

Sebagai kotak pertolongan pertama yang hidup, lidah buaya juga merupakan tanaman hias yang mudah dirawat. Jika Anda telah membeli tanaman lidah buaya, perbanyaklah dengan memperbanyak tanaman offsetnya. 

Tumbuhkan dari anak anjing dalam campuran pot kaktus, dan letakkan di tempat yang terang dan cerah. Jendela dapur yang menghadap ke barat atau selatan sangat ideal karena tanaman menyukai sinar matahari sore.

Sukulen yang kuat ini tahan terhadap sedikit kelalaian, tetapi tidak pada tanah yang terlalu basah.

8. Mawar

Berikan kehidupan kedua pada karangan bunga romantis dengan memperbanyak stek mawar. Pangkas batangnya, celupkan ke dalam rooting hormone, dan letakkan di dalam pot berisi tanah. 

Ingat, mawar membutuhkan cahaya terang dan sirkulasi udara yang baik, jadi letakkan pot Anda di tempat yang banyak mendapat sinar matahari tidak langsung, seperti jendela yang menghadap ke barat atau selatan.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor Mudah Perawatan, Cocok bagi Pemula

9. Poinsettia

Anda dapat menjaga suasana meriah di rumah Anda dengan memperbanyak potongan poinsettia dari tanaman yang sudah menghiasi meja Anda.

Tanaman ini tumbuh dalam cahaya terang dan tidak langsung serta suhu sedang. Tempat yang menerima sinar matahari pagi, seperti ambang jendela yang menghadap ke timur, adalah tempat yang sempurna. 

10. Amarilis

Hiasi rumah Anda dengan bunga amarilis yang mekar dengan menanam umbi yang tersedia di banyak toko kelontong. Mereka sangat populer selama musim liburan dan dapat dengan mudah ditanam di dalam ruangan untuk tampilan yang mencolok.

Mulailah dengan menanam umbi di tanah yang memiliki drainase baik, biarkan sepertiga bagian atasnya terbuka.

Tempatkan pot di tempat yang terkena sinar matahari dan sirami sedikit air sampai Anda mengamati pertumbuhannya. 

Itulah beberapa tanaman hias yang dapat ditanam dari produk supermarket dan toko kelontong. Siap mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News