Santai

10 Tanaman Hias Penghasil Oksigen Paling Banyak, Cocok untuk Ditanam di Dalam Ruangan

10 Tanaman Hias Penghasil Oksigen Paling Banyak, Cocok untuk Ditanam di Dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tanaman hias penghasil oksigen paling banyak yang cocok untuk ditanam di dalam ruangan.

Tumbuhan dengan luas permukaan yang besar dapat menghasilkan lebih banyak oksigen dengan lebih banyak bukaan yang disebut stomata untuk memungkinkan terjadinya fotosintesis. 

Tanaman hias penghasil oksigen tentunya cocok untuk ruangan Anda sehingga menjadi lebih sejuk. 

Baca Juga: Tanaman Hias Berduri yang Berbunga Indah, Cocok Ditanam di Taman

Mengutip Balcony Garden Web, berikut daftar tanaman hias penghasil oksigen terbanyak: 

1. Pothos

Pothos adalah tanaman dalam ruangan nomor satu untuk oksigen karena tingkat konversinya yang cepat. Dalam sebuah percobaan, ia mampu menunjukkan penurunan karbon dioksida sebesar 6,5%, di mana ia menurunkan kandungan CO2 dari 454PPM menjadi 425PPM, sehingga meningkatkan kadar oksigen.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Teknik, Malaysia, menyatakan bahwa sirih gading menyerap 17,10 persen CO2, sehingga menurunkannya menjadi 377 ppm dari 455 ppm dari udara dalam ruang tertutup.

2. Peace Lily 

Penelitian yang dilakukan oleh University of Technology Sydney, Australia, menunjukkan bahwa peace lily dapat menurunkan keberadaan karbon dioksida dan membantu meningkatkan persentase oksigen di ruangan yang berventilasi baik sebanyak 25%.

Pabrik ini juga mendapat tempat dalam studi udara bersih NASA karena kemampuannya dalam memurnikan udara.

3. Pinang

Pohon pinang dihargai karena kemampuannya menghasilkan oksigen dan meningkatkan kadarnya di area penyimpanannya. Ini juga menyaring polutan berbahaya seperti xylene, toluene, dan formaldehyde.

Baca Juga: 9 Tanaman Hias Terbaik Bantu Tidur Nyenyak, Cocok Ada di Kamar

Memelihara dua tanaman hias berukuran besar seperti pinang di lahan seluas 100 kaki persegi dapat meningkatkan kadar oksigen di sekitarnya.

4. Tanaman Ular 

Lidah mertua

Juga dikenal sebagai lidah mertua, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Naresuan, Phitsanulok, Thailand, memvalidasinya sebagai salah satu tanaman dalam ruangan yang paling banyak menghasilkan oksigen karena dapat menyerap karbon dioksida sebesar 0,49 ppm/m3 dalam sistem tertutup.

Karena merupakan tanaman CAM , ia juga mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida di malam hari, bersama dengan benzena, formaldehida, xilena, dan toluena.

5. Ficus Benjamina

Tanaman hias ini berhasil menurunkan konsentrasi CO2 dari udara, sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam jumlah yang cukup besar.

Tanaman ini juga merupakan tanaman ampuh untuk menyaring VOC berbahaya seperti formaldehida, benzena, dan
trikloretilen. 

Baca Juga: Tips agar Tanaman Hias Indoor Dapat Lebih Banyak Cahaya, Ikuti 6 Cara Ini

6. Anggrek

Menurut artikel yang diterbitkan di South Dakota State University, anggrek melepaskan oksigen di malam hari, menjadikannya salah satu tanaman terbaik untuk kamar tidur.

Bunga tanaman yang indah juga akan membuat ruangan menjadi lebih estetis.

7. Tanaman laba-laba

Meskipun tanaman laba-laba bukan tanaman yang paling banyak menghasilkan oksigen dalam daftar, tanaman ini layak mendapat tempat di sini karena merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas, menurut Universitas Vermont. 

Beberapa penelitian di Amerika dan Inggris juga menyatakan bahwa tanaman ini mampu menurunkan kecemasan sebesar 37%, depresi sebesar 58%, dan kelelahan sebesar 38%.

8. Kaktus Natal

Ia secara aktif menggunakan karbon dioksida untuk menghasilkan oksigen dan glukosa selama fotosintesis, meningkatkan persentase oksigen di udara. 

Tumbuhan ini juga mengeluarkan oksigen pada malam hari, menurut artikel yang diterbitkan oleh University of Connecticut.

Karena tanamannya terlihat cukup memukau dengan bunganya yang berwarna-warni, sukulen berbunga ini bisa menjadi tambahan cantik untuk rumah Anda!

9. Dieffenbachia

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Kastamonu, Dumb Cane efektif mengurangi kadar CO2 dari 1,868 menjadi 1,506 ppm dalam waktu 24 jam, sehingga meningkatkan kadar oksigen. 

Baca Juga: Hasil Riset INDEF, Shopee Jadi Platform yang Paling Banyak Dipilih dan Digunakan UMKM

10. Krisan 

Meskipun tanaman ini tidak dikenal karena kemampuannya dalam menghasilkan oksigen, tanaman ini merupakan tanaman yang bagus untuk membersihkan VOC berbahaya dari udara.

Penelitian yang dilakukan NASA menunjukkan mampu menghilangkan total 76.931 mikrogram Benzene dari udara dalam 24 jam.

Sebab, tanaman hias ini memiliki lebih banyak daun, produksi oksigen jauh lebih tinggi dibandingkan tanaman hias lainnya. 

Nah, itulah beberapa tanaman hias penghasil oksigen yang paling banyak. Anda bisa merawatnya untuk ditanam di dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News