Santai

10 Tanaman Dalam Ruangan yang Bantu Kurangi Masalah Pernafasan

10 Tanaman Dalam Ruangan yang Bantu Kurangi Masalah Pernafasan

MOMSMONEY.ID - Rumah yang sehat menjadi keinginan setiap orang. Tanaman dalam ruangan bisa menjadi solusi menciptakan rumah yang sehat.

Ya, Anda bisa merawat 10 tanaman dalam ruangan yang bantu kurangi masalah pernafasan. 

Tanaman dalam ruangan ini dapat menghasilkan oksigen yang sehat di rumah. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tanaman dalam ruangan yang bantu kurangi masalah pernafasan. 

Tanaman dalam ruangan ini dapat ditempatkan di kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga hingga kamar tidur. 

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Tumbuh Subur di Air Dibandingkan di Tanah

Bersumber dari Balcony Garden Web, berikut 10 tanaman dalam ruangan yang bantu kurangi masalah pernafasan:

1. Tanaman laba-laba

Tanaman laba-laba meningkatkan kualitas udara dalam ruangan karena menghasilkan lebih banyak klorofil dibandingkan tanaman hias lainnya, yang berarti lebih banyak oksigen.

Tanaman ini juga merupakan bagian dari Studi Udara Bersih NASA  dan cukup efisien dalam menghilangkan formaldehida, xilena, toluena, dan karbon monoksida.

Menurut mantan ilmuwan riset NASA Bill Wolverton, tanaman laba-laba dapat menghilangkan lebih dari 95 persen zat beracun yang dapat menyebabkan anemia, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan.

2. Bunga Peace Lily 

Bunga peace lily atau lili perdamaian

Peace lily adalah tanaman hias yang sangat baik yang dapat mengurangi risiko banyak masalah pernapasan. Menurut penelitian di Jepang ini, bunga lili perdamaian sama efektifnya dengan sirih gading emas dalam menyerap VOC. Ia juga menyerap aseton yang dapat menyebabkan bicara tidak jelas, tekanan darah rendah, dan kelesuan.

3. Tanaman Ular

Menurut penelitian ini, tanaman ular merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen.

Tanaman CAM ini tidak hanya menyerap CO2 tetapi juga menghilangkan formaldehida, benzena, toluena, dan xilena dari udara yang dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan hidung.

4. Pinang

Pohon pinang dikenal karena khasiatnya sebagai pemurni udara dan juga merupakan pilihan sempurna bagi orang yang menderita penyakit pernapasan seperti sinusitis, bronkitis, dan asma karena memiliki tingkat transpirasi tertinggi (10). 

Tanaman sehat setinggi 5-6 kaki melepaskan hingga 1 liter (946,35 ml) uap air ke udara setiap 24 jam.

Baca Juga: 15 Tips Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Ikuti Aturan Ini untuk Hasil Estetik

5. Pothos

Ini adalah tanaman hias yang bagus untuk memurnikan udara dalam ruangan dan juga memiliki dampak langsung pada sistem pernapasan. 

Menurut  penelitian di Malaysia dan penelitian terhadap sirih gading, tanaman laba-laba, dan tanaman ular, mereka menyimpulkan bahwa tanaman tersebut dapat menyerap ozon yang mengganggu fungsi paru-paru. 

6. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat obat, kecantikan, dan perawatan kulit. Ini juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan produknya berguna untuk mengobati kondisi asma.

Sukulen ini juga dikenal mampu menghilangkan benzena dan formaldehida dari udara dalam ruangan, yang dikeluarkan oleh cat dan pembersih berbahan kimia.

7. Ivy Inggris

Anda dapat mengurangi risiko masalah pernafasan dengan menanam hedera helix di dalam ruangan. 

Menurut University of Sydney, Australia, ekstrak English ivy ampuh melawan peradangan dan memiliki sifat antialergi dan antispasmodik.

Dapat mengurangi batuk dan bermanfaat pada alergi, asma, dan bronkitis.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Penting Pemilik Tanaman Hias Indoor yang Wajib Dilakukan

8. Tanaman karet

Pabrik pemurni udara ini merupakan bagian dari Studi Udara Bersih NASA yang terbukti ampuh dalam mengurangi formaldehida, VOC, karbon dioksida, dan karbon monoksida dari lingkungan. 

Tanaman karet juga ampuh mengurangi gangguan pernafasan, gangguan paru-paru, dan masalah asma.

Tanaman pemurni udara efektif mengurangi gangguan pernafasan hingga 30-36 persen dan mengurangi gangguan paru-paru sebesar 10-12 persen.

9. Dracaena

Dracaena sangat baik dalam menghilangkan polutan udara berbahaya dari lingkungan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 

Menurut penelitian ini juga merupakan tanaman yang ampuh menyembuhkan asma. Ini juga dapat mengurangi polutan udara dalam ruangan seperti benzena, trikloroetilen, formaldehida, dan karbon dioksida.

10. Pohon Bambu

Pohon palem bambu juga membuat udara segar dengan membuang racun dan menghilangkan kekeringan, sehingga baik untuk paru-paru.

Nah, itulah beberapa tanaman dalam ruangan yang bisa kurangi masalah pernafasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News